728 x 90

Sabtu, 23 April 2016

Jasa Para Petani



Petani 

Petani suatu pekerjaan yang apabila sebagian didengar oleh masyarakat langsung dideskripsikan sebagai pekerjaan yang bergelut dengan lumpur, hewan penarik bajak, teriknya matahari dan sebidang tanah yang harus ditanami dengan padi. Tapi tahukah anda diluar Indonesia khususnya negara – negara yang sudah maju pekerjaan petani adalah pekerjaan yang langka. Pekerjaan petani identik dengan negara yang memiliki iklim tropis, khususnya negara yang menekankan perekonomiannya di bidang agraria. 
Bayangkan bila tak ada lagi yang mau menanam padi untuk seluruh masyarakat, mungkin kita akan kehilangan satu makanan pokok bahkan ciri khas bangsa ini. Kontribusi peran petani dalam membangun roda perekonomian bangsa sangatlah penting. Hasil usahanya menghidupi hampir seluruh lapisan masyarakat di Indonesia. Tapi mengapa kita semua seakan tidak mau tahu bahkan lupa kepada mereka yang telah berjasa dengan susah payah memberikan salah satu sumber kehidupan di negeri ini.
Petani tak ada yang tak mungkin baginya hanya cuaca yang menjadi satu – satunya musuh dalam menyelesaikan tugasnya. Dengan sedikit harapan hujan akan mengairi petak – petak sawahnya. Indonesia yang merupakan salah satu negara terbesar agraria di dunia yang dalam perumusan pembangunan ekonominya berasalkan dari komoditas pertanian tentu sangat miris apabila melihat pelaku – pelakunya yaitu petani itu sendiri jauh dari kehidupan yang sejahtera.
Banyak yang menganggap bahwa petani itu identik dengan kesusahan. Petani itu identik dengan pekerjaan yang berhubungan dengan kotor. Petani itu adalah orang yang kampungan, gaptek, dekil, kulit hitam, telapak tangan kasar dan masih segudang lagi yang buruk-buruk anggapan lain untuk petani. Saat berkenalan dengan gadis pun, banyak yang minder. Itu hanya bukti kecil, petani, hanya di pandang remeh di tempat umum. Padahal, jika berfikir lebih jernih, maka kita akan menyadari bahwa petani sangatlah berjasa di dunia ini. Berapa juta perut-perut yang dibuat kenyang, dari hasil pertanian. Ingatlah bahwa apa yang saya makan, atau pun apa yang Anda makan sehari-hari adalah hasil dari bertani.
petani sama pejabat itu sama pentingnya, kalo gak ada petani maka beras yang mau dimakan didapat darimana, dan kalo pejabat itu gak ada siapa yang mau beli beras, meski petani kan masih butuh duit, jadi kita di dunia ini saling ketergantungan satu sama lain karena manusia itu adalah makhluk sosial tidak akan bisa hidup tanpa bantuan orang lain.
jadi jangan menganggap remeh petani meski kerjanya bergelimangan lumpur tapi usaha dan kerja kerasnya patut kita tiru, para petani selalu berusaha agar hasil taninya mendapatkan hasil yang maksimal meski harus tidur disana, banyak halangan dan rintangan yang di hadapinya. kita ini hidup sama aja, pasti ada yang kaya dan miskin, ada petani, pedagang, pengusaha,dan masih banyak lagi meski caranya yang berbeda dalam mencari uang namun tujuannya pasti sama buat bertahan hidup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar