728 x 90

Kamis, 21 April 2016

Cara Menjadi Petani Yang Sukses



Cara Menjadi Petani Yang Sukses

Cara menjadi seorang petani yang sukses. pada dasarnya bertani merupakan suatu keahlian yang dimiliki seseorang, menjadi seorang petani itu tergantung dari niat usaha dan kerja keras, bertani itu sebenarnya sangatlah mudah kita hanya menanam, merawat, serta memanen. tapi yang membuat kita tidak mau untuk bertani ialah karena tempat kita bekerja yang bersentuhan langsung dengan tanah makanya banyak diantara kita yang tidak mau bertani sebab mereka takut badannya akan kotor terkena tanah.
Menanam adalah adalah kegiatan memindahkan bibit dari tempat penyemaian ke lahan yang akan ditanam untuk di dapatkan hasil produk dari tanaman yang di budidayakan. Proses pemindahan ini tidak bisa di lakukan oleh sembarang orang, perlu adanya metode dan cara agar tanaman dapat hidup di media dan lingkuanganya yang baru.
Tanaman juga butuh perawatan agar selalu tumbuh dengan segar. Dalam merawat tanaman harus memerhatikan beberapa faktor. Seperti penyiraman di musim kemarau sangat diperlukan. Tanaman sangat tergantung pada penyirhaaman, Apabila penyiraman terlambat, maka tanaman akan cepat layu dan akhirnya mati karena penguapan dari sel-sel di dalam tanaman. Sedangkan jika kelebihan penyiraman akan tidak baik juga, karena dapat menyebabkan akar tidak dapat bernapas dan menjadi busuk. Berbeda halnya apabila kita menanam tanaman langsung di tanah terbuka, meskipun kekurangan air masih dapat bertahan sebab dalam tanah masih banyak cadangan makanan dan air.
maka kita harus memperhatikan tanaman layaknya seorang bayi, kalo kita tidak mengasih vitamin atau gizi yang cukup maka apa yang akan terjadi, nah begitu juga dengan tanaman kita juga harus memperhatikan tingkat kesuburan tanah, dan juga kita harus mengasih makan yakni berupa pupuk, bahkan dari kita banyak yang salah kaprah, pupuk yang diberi semuanya pupuk buatan dengan alasan hasilnya akan bertambah. padahal pupuk alami yang tanpa bahan kimia justru tidak kalah bagusnya dengan pupuk buatan ini, coba kita kalikan dengan penghasilan kita harga pupuk sekarang,  sangat mahal bukan? sedangkan makin hari harga pupuk melonjak naik sedangkan hasil pertanian harganya segitu-gitu saja. kalo kita fikirkan memang semuanya tidak adil, tapi hidup terus berjalan maka kita harus berfikir bagaimana cara meningkatkan hasil pertanian dengan modal yang seminimal mungkin. 
padahal disekitar kita banyak yang bisa dijadikan pupuk yakni kompos yang berasal dari pembusukan yang mengandung unsur hara yang bagus, juga dari kotoran ternak yang kita kenal dengan pupuk kandang selain menyuburkan tanah juga tidak merusak tanah, dengan ini kita akan menjadi irit dengan hasil yang memuaskan, semua tergantung dari kita saja apakah mau berusaha dan bekerja keras, kalo diomongin memang mudah, tapi kalo dikerjakan banyak  alasan lagi sibuklah, lagi malaslah, sedangkan kita mengharapkan hasil yang bagus tapi kalo usaha kita kurang maka hasilnya tidak maksimal, jadi menjadi petani sukses modal bukanlah menjadi persoalan yang utama yang penting kita berusaha. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar